Monday, October 29, 2018

Perjalanan Majelis Ta'lim Banat Ummul Batul


Majelis Ta’llim Banat Ummul Batul, pimpinan ustadzah Aisyah binti Farid bin Syekh Abu Bakar bin Salim. Di dirikan pada minggu ke-tiga bulan Februari 2017 yang bertepatan tanggal 19 Februari 2016. Pada hari itu majelis ta’lim tersebut dibuka dengan pembacaan maulid Adh – dhiya ullami’ dan kajian ilmu yang diberikan oleh Ustadzah Aisyah sendiri, dengan rujukan Kitab Ta’lim Muta’allim.
Majelis tersebut adalah majelis yang ditujukan untuk remaja putri. Tetapi untuk kaum ibu yang ingin hadirpun dipersilahkan. Dan tepat dihari pertama pembukaan majelis tersebut, diadakanlah latihan Hadroh untuk majelis banat ummul batul itu sendiri. Antusias para remaja yang hadir sangat besar,hampir setengah dari jama’ah putri yang hadir lanjut untuk mengikuti latihan hadroh tersebut.
Seiring berjalannya waktu, ustadzah Aisyah meminta untuk didirikannya TPA (Taman Pendidikan Al – Qur’an) Ummul batul yang pengajarnya diambil dari tim hadroh banat ummul batul. Demi mewujudkan keinginan dari guru tercinta, akhirnya didirikanlah TPA Banat Ummul Batul pada tanggal 16 Oktober 2017. Dan pada saat itu guru pertama nya adalah Cholilah, guru TPA sekaligus vokalis di Tim Hadroh banat Ummul Batul.
Antusias warga disekitar sangat besar tentang adanya TPA tersebut. Murid di TPA setiap harinya selalu bertambah dan bertambah, hanya di 3 bulan pertama saja jumlah anak murid disana sampai 50 orang. Dan pada akhirnya Cholilah dibantu oleh rekan dalam tim hadroh banat ummul batul yaitu Nabila. Murid di TPA pun semakin lama semakin banyak, sampai pada saat ini jumlah murid di TPA Banat Ummul Batul kira – kira 150an orang.
Mengenai Tim Hadroh Banat Ummul Batul, yang dinamakan sebuah tim, pasti akan ada pasang surutnya. Akan ada seleksi alam tersendiri disana. Dari banyaknya anggota diawal, lambat laun anggota tim hadroh tersebut semakin berkurang, sampai terbentuklah tim inti yang tersisa pada saat ini.
Dikarenakan anggota tim hadroh masih banyak yang sekolah, kuliah dan bekerja, membuat tim hadroh ini berkembang cukup lama. Karena kesibukan masing masing anggota yang menyebabkan kurangnya latihan dalam tim ini. Dan berkat nama Ustadzah Aisyah sebagai pimpinan majelis dan tim hadroh kami, banyak orang dari luar yang mulai mengundang tim hadroh banat ummul batul untuk mengisi di acara yang mereka adakan.
Ustadzah Aisyah pun dalam satu bulan mengisi kajian ilmu di 32 (tiga puluh dua) majelis rutin yang diakan rutin setiap bulannya. Dikarenakan hal tersebut, tim hadroh banat ummul batul pun turut andil dalam beberapa majelis yang di isi oleh Ustadzah Aisyah BSA.
Pengenalan awal mengenai Majelis Ta’lim Banat Ummul Batul, TPA Ummul Batul, Tim Hadroh Banat Ummul Batul, maupun tentang Ustadzah Aisyah BSA mungkin saat ini saya sudahi sampai disini. Dilain waktu saya akan lebih menjelaskan lebih detail mengenai ke-empat topik tersebut.

No comments:

Post a Comment